HMI Komisariat Febi Tuntut Zulfikar Sadar



sumber: IG akun Zulfikaralfatih49


Semarang – Zulfikar sebagai ketua umum HMI Cabang Semarang menolak untuk melakukan konfercab. Berbagaai macam alasan diberikan Zulfikar untuk mengundur forum hajat komisariat tingkat Cabang Semarang ini. Salah satunya adalah adanya surat intruksi PB HMI untuk tidak melaksanakan Konfercab sampai Kongres PB HMI dilaksanakan. Namun, ketika diminta untuk memperlihatkan surat tersebut dan diedarkan ke seluruh kader Semarang, Zulfikar tidak mengaminkan permintaan tersebut. Padahal ada beberapa cabang di sekitar Semarang ysng sudah melaksanakan konfercab, bahkan sudah melakukan pelantikan.



Hal ini sebetulnya sudah didesak dari beberapa bulan lalu oleh beberapa ketua umum komisariat dan kader di lingkup HMI Cabang Semarang. Surat somasi bahkan sampai penyegelan sekretariat HMI Cabang Semarang sudah dilakukan untuk mendesak agar HMI Cabang Semarang segera melaksanakan konfercab. Namun, perjuangan kader HMI yang peduli dengan cabang itu, tetap tidak mendapatkan respon positif dari Zulfikar, selaku penanggung jawab utama pelaksanaan konfercab ini.


Zulfikar tetap kukuh dengan argumentasi bahwa selambat-lambatnya Konfercab bisa dilaksanakan 18 bulan setelah pelantikan sebagaimana ART HMI pasal 33. Padahal pasal ini menerangkan tentang penurunan status cabang menjadi Persiapan. Karena pada dasarnya sesuai ART HMI pasal 29 poin C menjelaskan bahwa “Masa jabatan pengurus cabang adalah satu tahun semenjak Pelantikan/serah terima jabatan dari pengurus demisioner.”


Dinamika HMI cabang semarang kian hari semakin memuncak. Sempat ada satu iktikad zulfikar, ia mengadakan rapimko atas desakan dari pihak korkom secabang Semarang. Dalam rapimko tersebut, terbitlah pernyataan tertulis Zulfikar yang ditandatangani olehnya dan ketua umum Komisariat selingkup cabang semarang yang hadir pada saat itu. Pernyataan itu mengemukakan bahwa Zulfikar akan melaksanakan selambat-lambatnya 20 Maret 2020. Jika sampai tanggal tersebut konfercab tidak terlaksana, maka Zulfikar siap mengundurkan diri sebagai Ketua Umum HMI Cabang Semarang.

 Surat pernyataan yang ditandatangani Zulfikar 
dan Ketua Umum HMI Komisariat selingkup Cabang Semarang 

Tangggal 20 Maret telah berlalu dan tepat 22 Maret 2020 ini, Zulfikar telah genap menjabat selama 18 bulan. Jelas dalam hal ini Zulfikar berniat untuk menurunkan status Cabang Semarang menjadi Cabang Persiapan. Melalui ini, dapat kita ketahui bahwa Zulfikar, selaku ketua umum dan kader yang dapat dikatakan purna dalam jenjang training formal HMI, tidak menjamin dapat menjadi contoh untuk patuh terhadap konstitusi HMI.


Melihat beberapa hal diatas, tentunya perlu kesadaran dari Zulfikar bahwa dia tidak sanggup untuk menjalankan tugas sebagai Ketua umum HMI Cabang Semarang. Oleh kerena itu, langkah yang konkrit adalah pengunduran dirinya sebagaimana kesatria. Namun, sebaliknya ia masih kukuh dengan pendirian bahwa ia tidak melakukan kesalahan apapun.


Atas dasar ini, HMI Komisariat Febi mengambil sikap untuk menuntut Zulfikar agar dengan sadar mengundurkan diri dari jabatan ketua umum HMI Cabang Semarang dengan cara membuat pernyatan kepada publik untuk selanjutnya digantikan PJ ketua umum.


Ttd
Moch Rosyad AR
(Ketua Umum HMI Komisariat Febi)

Posting Komentar

0 Komentar